Friday, October 14, 2016

Ciri Ciri SmartPhone Android Terkena Virus

Ciri Ciri SmartPhone Android Terkena Virus


Ciri Ciri SmartPhone Android Terkena Virus

Serangan Malware ke perangkat Android dikabarkan terus mengalami peningkatan. Jika anda mengalami hal seperti di bawah anda patut waspada. Mungkin saja smartphone kesayangan anda sudah terkena malware/virus. Berikut ini ciri ciri smartphone yang sudah terkena virus :

1. Baterai Boros
    Biasanya sebagai pengguna, kita mengetahui seberapa daya tahan baterai dari kondisi penuh. Bila daya tahan baterai jauh dari kondisi biasanya, misalnya biasanya tahan seharian, lalu kini hanya tahan 2 jam atau kurang, maka perlu diwaspadai mungkin perangkat Android tersebut sudah disusupi malware.   Rata Rata Daya Tahan Baterai Android pada Ponsel yang sedang Siaga/ Di gunakan adalah  4 sampai 5 jam.

2.  Panggilan Ke Luar Atau Ke Dalam Gagal
      Pernah mengalami ketika sedang melakukan pembicaraan telepon lalu tiba-tiba sambungan terputus? Jika bukan karena kesalahan operator atau sinyal, mungkin saja smartphone Android anda sudah disusupi malware. Malware dapat memengaruhi panggilan yang sedang berlangsung atau masuk.

3. Boros Pulsa
        Malware di Android sering menginfeksi perangkat lalu mengirim pesan SMS  ke nomor premium. Efek ini mudah dilihat pada tagihan telepon Anda. Tagihan akan meningkat karena besarnya biaya pengiriman SMS ke nomor premium tersebut.


4.  Pemakaian Data Ponsel Naik/ Meroket
     Malware dapat menyelundupkan data dari perangkat Anda ke pihak ketiga. Bila terjadi perubahan yang signifikan dalam mendownload atau mengupload  bisa menjadi tanda bahwa seseorang atau sesuatu memiliki kontrol atas perangkat Anda. Bila tiba-tiba data plan anda jebol, coba perhatikan penggunaan data anda. Bisa jadi perangkat Android anda telah disusupi oleh malware. 

5. Kinerja Perangkat Menurun

       Bila perangkat anda tiba-tiba kinerjanya menurun drastis, bisa jadi perangkat tersebut telah disusupi oleh malware. Misalnya dalam sehari terjadi berkali-kali reboot tanpa ada sebab yang jelas. Kinerja yang turun drastis tersebut disebabkan oleh malware yang menginfeksi perangkat yang membuat perangkat anda bekerja lebih berat.



Cara mengatasi Bila Android anda di curigai Terkena serangan Malware

Ini adalah berbagai tips yang saya dapatkan dari mbah google :

1.  Hapus Aplikasi Yang Sering Rewel
      Biasa nya Aplikasi Yang rewel dapat terlihat pada gadged yang terpasang pada aplikasi penghemat baterai, saya menggunakan DU Batery Saver, Disana terlihat apabila ada aplikasi yang rewel ketika melakukan pemindaian (Biasanya Akan Menyedot Baterai dengan Cepat)

2. Menyetel Ulang Ponsel Anda
     Meskipun Aplikasi Yang Rewel Sudah Di hapus, Tetapi Tidak menutup kemungkinan Malware tersebut hilang, cara lain adalah menyetel ulang ponsel anda ke setelan pabrik cara nya   masuk ke dalam menu  setting/ Setelan ? Privasi ? Kembali Ke setelan Pabrik
"Perlu Anda Perhatikan, Aplikasi Setelah Anda MeReset Ponsel anda, Aplikasi akan secara permanen Terhapus, Solusi Dari Saya, Back-Up Dulu Aplikasi Aplikasi tersebut, aplikasi Back Up dapat di Unduh pada Play Store atau klik disini
 
3. Memasang Anti Virus
     pemasangan Anti Virus Tersebut bertujuan untuk menjaga ponsel anda dari serangan virus, anti virus yang paling bayak di gunakan adalah  AVG, Dan Avast,
pada posel saya saya memasang anti Virus AVG, karna di dalam nya sudah terdapat aplikasi Back UP, dan Anti Deft (fungsi nya untuk ke amanan posel, apabila sewaktu waktu ponsel hilang/ di curi orang)


Itulah beberapa Tips yang saya lakukan..

Sekian dan Terimakasih ?

Sumber: KPTIK AL-Musaddadiyah
  
 


Available link for download